Wanderlust

“Travel makes you realize that no matter how much you know, there’s always more to learn. Let the adventure begins.”

>>>

New Features

The time when I learn the world from its point of view.

Jika kau bertanya apakah aku adalah seseorang yang menjunjung tinggi aturan keagamaan, jawabannya tentu saja tidak. Bukan berarti aku tidak memiliki agama; hanya saja, umur yang kuinjak saat ini telah cukup mengajariku untuk memilah mana yang baik, mana yang buruk, dan mana yang berlebihan.

Jadi inti dari apa yang ingin kuutarakan saat ini adalah, kuucapkan syukur karena Allah, Jesus, Siddhartha Gautama, Brahma, and all Gods in this universe, telah memberiku saat-saat di mana kumiliki waktu dan keuangan yang baik untuk menikmati sedikit dari keindahan dunia yang begitu luas ini. Dan aku ingin membaginya dengan kalian tanpa bermaksud untuk menyombongkan diri.

Traveling has given a huge impact on my life; especially on the aspect of my own perspective, belief, attitude, and even frame of mind. Aku yang duluyang hanya mempelajari dunia ini melalui buku dan cuplikan-cuplikan video yang disajikan berdasarkan cara pandang mereka kini mulai memahami kehidupan di dalamnya secara perlahan. Tak hanya kutelaah keindahan mereka yang terlukis dari matahari yang tenggelam di balik bukit, kuteliti pula arti dari gemerisik dedaunan yang mendominasi riuh maupun desir ombak yang menghempas keong-keong kecil di pantai.

Beach & Sunset

— Bakantiang Beach, Koh Lanta, Thailand


“Dari segala bising kota-kota besar yang kutinggali, pilihanku selalu tertuju pada pantai dan pegunungan. Ada sebuah kepuasan tersendiri ketika kutemui warna-warna yang berbeda dari matahari yang tenggelam tersebut. Tentu saja alasan lain karena pada akhirnya tak kutemukan bising dan penat yang selalu berlalu-lalang di tengah kota besar.”

Jadi kuputuskan untuk membingkai mereka pada satu halaman khusus yang kusediakan di blog ini. Aku menyebutnya #FROMPIXEL, karena jepretan-jepretan amatir yang kuambil tersebut menggunakan kamera ponsel dari Google Pixel. Awalnya, aku hanya menyimpan foto-foto ini sebagai koleksi pribadi. Sayangnya, tempat penyimpanan yang kupunya sudah diambang batas

“kepenuhan”. Kupikir, daripada mereka akan membusuk di sana suatu hari nanti, lebih baik kubiarkan publik mengamati dan menikmati suasana yang kuambil pada tiap bingkai. Akan kupilah dengan seksama gambar-gambar mana saja yang pantas untuk ditunjukkan. I tried my best, you know, I’m not a professional photographer.

Monument Valley Navajo Tribal Park, Arizona-Utah, USA

“Travel isn’t always pretty. It isn’t always comfortable. Sometimes it hurts, it even breaks your heart. But that’s okay. The journey changes you; it should change you. It leaves marks on your memory, on your consciousness, on your heart, and on your body. You take something with you. Hopefully, you leave something good behind.”

— Anthony Bourdain